Kenapa banyak Pengangguran

Melihat kondisi masyarakat bangsa Indonesia saat ini sedih sekali hati ini rasanya. Kehidupan yang jauh dari kata sederhana dan sulit sekali untuk berkembang. Yang miskin terus saja menjadi miskin dan malah ada yang menjadi semakin miskin saja. Yang kaya banyak yang berubah menjadi miskin namun ada juga yang menjadi semakin kaya. Padahal telah banyak program-program yang dilakukan pemerintah untuk mengatasi kemiskinan di negera kita tercinta ini.

Menurut saya yang menjadi permasalahan utama ketidak majuan masyarakat Indonesia adalah banyaknya pengangguran yang secara langsung berpengaruh pada penghasilan dan gaya hidup masyarakat. Selain itu juga karena kurangnya perhatian pemerintah dan terlalu diperhatikan pemerintah. Kenapa terlalu diperhatikan pemerintah malah membuat masyarakat tidak maju? Terlalu diperhatikan di sini yang saya maksudkan adalah terlalu memanjakan dan memberi kemudahan yang terlalu mudah buat masyarakat. Di antaranya menurut saya adalah Bantuan Langsung Tunai.

Mungkin sebagian masyarakat menggunakan uang bantuan BLT untuk membuat suatu usaha atau untuk modal bekerja. Namun banyak di antara masyarakat kita yang kemudian bergantung pada dana BLT tersebut. Banyak yang kemudian menjadi malas bekerja dan selalu mengandalkan dana BLT. Namun apakah berarti bantuan BLT itu salah? Jawabannya tidak. Lalu kenapa menyebabkan masyarakat menjadi malas? Karena kurangnya penjelasan langsung dari pemerintah apa tujuan dari bantuan BLT tersebut. Kurangnya penyuluhan langsung kepada masyarakat tentang bantuan tersebut. 

Lalu kenapa banyak terjadi pengangguran di mana-mana? Menurut saya banyak sekali lapangan pekerjaan di negara ini. Saya lihat juga banyak lowongan yang sedang mencari karyawan. Dan kemudian banyak sekali orang yang 'menyerbu' untuk melamar pekerjaan pada lowongan tersebut. Padahal hanya sedikit yang akan diterima menjadi karyawan. Lalu apa hasilnya? Banyak sekali pelamar yang tertolak dan pengangguran pun hanya berkurang sedikit sekali. Kenapa ini bisa terjadi? Itu semua karena dari kecil doktrin mereka sekolah adalah untuk bekerja. Coba kalian tanya anak-anak tingkat SMP, SMA/K atau bahkan Mahasiswa yang sedang kuliah apa tujuannya setelah lulus nanti. Pasti jawabannya bekerja di perusahaan ini itu dan sebagainya. Hanya sedikit sekali di antara mereka yang akan menjawab ingin membuka usaha.

Selain karena tujuan sejak kecil adalah bekerja, yang menjadi penyebab banyaknya pengangguran adalah kurangnya pelatihan motivasi dan mental untuk mencari pekerjaan. Semua itu menyebabkan keberanian untuk melamar pekerjaan menjadi kurang sekali. Banyak sekali diantara temen-temen saya yang minta tolong untuk dicarikan lowongan. Setelah ketemu dan dikasih tau ada lowongan apa yang mereka lakukan? Mereka diam saja dan tak menyikapi lowongan itu sesegera mungkin. Kenapa? Katanya nanti sajalah atau gak berani atau kadang yang mengecewakanku adalah jawaban 'Lha kok pekerjaane gak menyenangkan?'. Waduh dimanapun di dunia ini ga ada pekerjaan yang menyenangkan, kecuali yang berhubungan dengan hobi. Itupun kadang juga tidak menyenangkan. Karena yang namanya bekerja itu membanting tulang, apalagi kalau kita bekerja untuk orang lain, itu berarti kita menjadi bawahannya atau suruhannya yang harus mematuhi peraturan yang dibuat olehnya. Jadi kenapa hanya mencari pekerjaan yang menyenangkan ?

Sahabatku, marilah kita memperkuat semangat dan keberanian kita demi masa depan kita. Jangan tunggu besok atau lusa. Ayo kita lakukan sekarang! Selalu ingatlah keluarga dan calon anak-anak kita nanti. Selalu ingatlah orang-orang yang kita cintai. Jangan takut untuk melamar pekerjaan, Jangan takut ditolak lamaran kita nanti. Masih banyak pekerjaan lain yang menanti kita. Selalulah optimis dan jangan pernah putus asa dan menyerah. Tuhan selalu memperhatikan hambanya yang selalu pantang menyerah. Buat yang masih sekolah atau kuliah belajarlah dengan tekun. Tingkatkanlah skill kalian. Karena suatu saat pasti ada penyesalan yang akan kalian rasakan dikala sudah kalian rasakan bagaimana dunia menguji kalian. Buat yang sudah bekerja, bantulah kawan-kawan kita yang lain yang belum memiliki kesempatan untuk bekerja. Selalulah beri mereka support dan dukungan agar mereka pun mendapatkan pekerjaan yang akan memberikan kehidupan yang lebih baik buat mereka. Mereka kawan-kawan kita pasti akan berterimakasih dan tak akan melupakan jasa kita. 

Sekian terimakasih, dan semoga bermanfaat. ^_^

Gustono Sugastian

Phasellus facilisis convallis metus, ut imperdiet augue auctor nec. Duis at velit id augue lobortis porta. Sed varius, enim accumsan aliquam tincidunt, tortor urna vulputate quam, eget finibus urna est in augue.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Kasih komentar yah friends....